Sisi Lemah Komunikasi Publik Dari 3 Capres

by -691 Views
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei

Selasa, 16 Mei 2023 – 17:18 WIB

VIVA Politik – Tiga nama bakal capres yang diprediksi bakal bertarung di Pilpres 2024, adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Ketiganya punya sisi unggul dan juga kelemahan-kelemahan, termasuk dari sisi komunikasi publik yang dibangun.

Pengamat komunikasi politik, Bayquni, menjelaskan pada prinsipnya komunikasi politik dilakukan dengan tujuan kekuasaan. Jelas dia, ada 3 hal yang bisa dilihat, yakni reputasi, attitude, dan produk yang dihasilkan.

“Ini yang bisa menjadi ukuran dari beberapa kandidat yang sudah ada. Tinggal kita lihat saja reputasinya dia seperti apa,” kata Bayquni, dikutip VIVA Selasa 16 Mei 2023.

Bakal capres Ganjar Pranowo menghadiri konsolidasi kader PDIP Jawa Barat

Bakal capres Ganjar Pranowo menghadiri konsolidasi kader PDIP Jawa Barat

Dia mencontohkan seperti Ganjar Pranowo, capres yang sudah resmi diusung oleh PDIP dan kini mendapat dukungan dari PPP. Kata Bayquni, secara attitude Ganjar merakyak seperti halnya Jokowi.

Namun menurutnya, image yang muncul terhadap Ganjar yang menjadi sisi lemah adalah sebagai petugas partai.

“Ini sebenarnya kurang bagus. Kalau beberapa teori tentang bahasan dan ternyata petugas itu sama dengan pelayan,” kata pengajar Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina tersebut.

Halaman Selanjutnya

“Kalau bicara petugas dia sudah terkungkung oleh imagenya sehingga produk yang dihasilkan untuk membangun reputasi ini akan susah,” jelasnya menambahkan.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.